5 hal penting Branding dalam Pemasaran?

Branding dalam pemasaran adalah proses menciptakan persepsi yang kuat dan positif tentang perusahaan, produk atau layanannya di benak pelanggan dengan menggabungkan elemen-elemen seperti logo, desain, pernyataan misi, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran. Branding yang efektif membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing mereka dan membangun basis pelanggan yang setia.

Ini berarti bahwa pelanggan berharap nada suara Anda sama melalui email, situs web Anda, layanan pelanggan, dan setiap titik kontak lainnya dalam bisnis Anda. Jika Anda mengubah citra, Anda perlu mengubah logo, dan gaya di mana saja baik online maupun offline. Pastikan branding dalam pemasaran, anda membuat merek yang konsisten sehingga pelanggan senang dengan kehadiran omni-channel Anda.

Branding di dalam toko bisa sangat berbeda dengan branding dalam pemasaran online karena di toko Anda tertib tentang pposisi produk dan properti yang dapat mempengaruhi pelanggan terhadap produk Anda. Branding di dalam toko lebih bersifat melihat-lihat karena orang dapat berjalan-jalan dan mengambil barang yang disuka, sedangkan pelanggan online memandang dua dimensi. Tentu saja, elemen branding tertentu harus konsisten baik online maupun di dalam toko. Ini termasuk gambar dan logo yang konsisten.

branding dalam pemasaran

Sejauh mana manfaat Branding dalam pemasaran

Branding dalam pemasaran merek yang unik dapat memiliki dampak besar pada keuntungan Anda dengan memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda dan membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dengan biaya yang jauh lebih murah. Dalam eCommerce, di mana perusahaan baru dan juga pesaing baru bermunculan setiap harinya, merek yang sudah mapan dapat menjadi aset yang tak ternilai dalam mendatangkan pelanggan dan menghasilkan keuntungan.

Terlepas dari apakah Anda menginvestasikan waktu untuk melakukan branding dalam pemasaran dan upaya untuk membuat suatu merek yang menarik atau tidaknya dengan memperhatikannya sama sekali, bisnis Anda tetap memiliki sebuah merek. Namun, itu akan sangat berbeda dengan bagaimana jika produk Anda ingin dilihat oleh orang banyak.

Kita harus hati-hati jika ingin membangun branding dalam pemasaran sebuah merek melalui cerita, hubungan, pesan pemasaran, dan bentuk aset, Anda memiliki peluang untuk membentuk ekspektasi pelanggan dan menciptakan ikatan unik yang melampaui hubungan jual-beli.

Branding dalam pemasaran yang baik itu sangatlah strategis, sedangkan pemasaran itu taktis. Ketika Anda menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan dengan jelas mendefinisikan janji produk Anda, Anda dapat mulai menyusun rencana pemasaran yang diarahkan untuk mencapai sebuah tujuan.

Pentingnya Branding dalam eCommerce

Branding adalah proses kompleks yang membutuhkan perencanaan yang cermat dan pendekatan yang diperhitungkan. Idealnya, strategi branding Anda harus berhasil sebelum Anda meluncurkan sebuah toko online Anda guna menghindari kemunduran dan untuk mencoba menyelaraskan toko Anda dengan harapan pelanggan. Branding dalam pemasaran sebuah merek yang kuat mudah dihubungkan dan mengacu pada nilai-nilai yang beresonansi dengan baik dengan target audiens. Untuk toko eCommerce, merek yang kuat juga bisa menjadi jaring pengaman yang melindungi bisnis dari persaingan harga.

Jadi bagaimana Anda membangun branding dalam pemasaran toko online? Berikut adalah langkah-langkah kunci dalam branding eCommerce:

  • Pahami pelanggan Anda. Untuk berkomunikasi secara efektif, Anda harus mengidentifikasi elemen-elemen yang memengaruhi target pelanggan Anda dan berfokus untuk memanfaatkannya. Apa yang mereka suka? Apa yang memotivasi dan menarik mereka? Apa yang mereka sukai dari merek Anda?
  • Tentukan persona merek Anda. Persona merek adalah kepribadian bisnis Anda di mana Anda akan memberikan pengalaman pelanggan. Ini akan sangat dipengaruhi oleh wawasan yang berhasil Anda kumpulkan tentang target pelanggan Anda. Nada suara apa yang cocok untuk audiens ini? Jenis bahasa apa yang akan memiliki pengaruh terbesar? Gambar apa yang akan menarik perhatian mereka.
  • Wujudkan janji Anda. Apa janji utama yang Anda buat untuk pelanggan Anda? Bagaimana produk/layanan Anda akan membuat hidup mereka lebih baik? Bagaimana Anda akan menyampaikan janji ini. 66% konsumen menganggap transparansi adalah salah satu kualitas merek yang paling menarik.
  • Sempurnakan aset visual Anda. Pembeli online tidak memiliki kemewahan untuk menyentuh dan merasakan produk yang mereka beli, jadi pengalaman visual sangatlah penting. Aset visual merek adalah semua elemen yang menghadap ke depan, seperti desain situs web, font dan tipografi, palet warna, desain logo dan iklan, serta bentuk kemasan dan unboxing yang Anda buat. Ini adalah alat branding yang kuat yang mencapai puncaknya ketika semua bagian bergerak yang berbeda konsisten dan bekerja secara harmonis. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki warna tanda tangan yang mudah diingat akan meningkatkan kemungkinan pelanggan mengenali merek Anda sebesar 80%.
  • Sempurnakan pengalaman pelanggan. Meskipun Anda memiliki sedikit kendali atas bagaimana perasaan pelanggan Anda tentang merek Anda, Anda harus melakukan yang terbaik untuk memastikan setiap interaksi dan titik kontak yang Anda miliki dengan pelanggan Anda selaras dengan janji merek Anda dan mengikuti pedoman merek Anda. 69% konsumen mengatakan bahwa hal terpenting yang dapat dilakukan merek untuk meningkatkan pengalaman mereka adalah “mengenal mereka”. Ini akan mencakup semuanya, mulai dari kebijakan pengembalian Anda hingga pengaturan pengiriman hingga komunikasi pemasaran email dan banyak lagi.

Branding dalam pemasaran itu penting

Branding dalam pemasaran sangat penting untuk bisnis karena dampak keseluruhannya pada perusahaan Anda. Branding dapat mengubah cara orang memandang merek Anda, dapat mendorong bisnis baru, dan meningkatkan nilai merek – tetapi juga dapat melakukan sebaliknya jika dilakukan dengan salah atau tidak dilakukan sama sekali.

Mari kita luruskan sesuatu: Reputasi dibangun apakah bisnis melakukan sesuatu atau tidak. Hasilnya bisa berupa reputasi baik atau buruk. Memahami dan menggunakan branding dalam pemasaran hanya berarti Anda mengambil kendali dan mencoba mengontrol seperti apa reputasi itu. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk mempertimbangkan branding sejak awal bisnis Anda.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, branding dalam pemasaran bukanlah “taktik pemasaran mahal yang hanya digunakan oleh merek besar”. Sebaliknya – branding sangat berkaitan dengan akal sehat dan sangat dipengaruhi oleh pasar tempat Anda berada dan level yang ingin Anda mainkan. Branding melibatkan perpaduan yang konsisten dari berbagai kompetensi dan aktivitas, sehingga biayanya dapat sangat berbeda dari kasus ke kasus. Konsultan tingkat tinggi dan implementasi tanpa cela, tentu saja, akan lebih mahal daripada apa pun di bawahnya. Demikian pula, branding bisnis multi-produk internasional akan jauh lebih menantang dan banyak sumber daya daripada bisnis lokal, misalnya. Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua.

  1. Branding dalam pemasaran meningkatkan nilai bisnis

Branding dalam pemasaran penting ketika mencoba menghasilkan bisnis masa depan, dan merek yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberi perusahaan lebih banyak pengaruh di industri. Ini menjadikannya peluang investasi yang lebih menarik karena tempatnya yang mapan di pasar.

Hasil dari proses branding adalah brand, yang menggabungkan reputasi dan nilai yang menyertainya. Reputasi yang kuat berarti merek yang kuat yang, pada gilirannya, diterjemahkan menjadi nilai. Nilai itu bisa berarti pengaruh, harga premium, atau mindshare. Merek adalah aset bisnis yang juga memiliki nilai moneter dan harus memiliki tempatnya sendiri di neraca bisnis karena meningkatkan nilai keseluruhan perusahaan. Meskipun ini adalah topik kontroversial dan tugas yang sulit bagi banyak perusahaan, memberi bobot finansial pada merek sama pentingnya dengan merek itu sendiri  ini disebut ‘penilaian merek’.

  • Branding dalam pemasaran menghasilkan pelanggan baru

Merek yang bagus tidak akan kesulitan menghidupkan bisnis rujukan. Branding yang kuat umumnya berarti ada kesan positif perusahaan di antara konsumen, dan mereka cenderung melakukan bisnis dengan Anda karena keakraban dan asumsi ketergantungan menggunakan nama yang dapat mereka percayai. Setelah merek mapan, promosi dari mulut ke mulut akan menjadi teknik periklanan perusahaan yang terbaik dan paling efektif.

  • Menciptakan kepercayaan di dalam pasar

Reputasi merek pada akhirnya bermuara pada jumlah kepercayaan yang dapat dimiliki klien di dalamnya. Semakin Anda mempercayai suatu merek, semakin baik persepsi Anda tentangnya, semakin kuat reputasinya dan, dengan demikian, merek itu sendiri.

  • Merek dalam praktek

Topik branding dalam pemasaran jelas bukan one-pager. Ini adalah subjek yang terus berkembang yang mencakup banyak bidang keahlian: manajemen bisnis, pemasaran, periklanan, desain, psikologi, dan lainnya. Branding juga memiliki lapisan yang berbeda, masing-masing dengan makna dan strukturnya sendiri. Ini tidak sama dengan pemasaran tetapi ada banyak kesamaan di antara keduanya, itulah sebabnya kita tidak dapat mengakui atau menyangkal bahwa branding dan pemasaran entah bagaimana menjadi subordinasi satu sama lain. Mereka saling bergantung dan tujuan utama mereka adalah untuk melayani bisnis.

Kirim Pesan
Butuh bantuan?
Admin Adsqoo
Halo👋
Selamat datang di Adsqoo,

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi kami melalui tombol dibawah ini 👇

Dengan jam kerja operasional dari jam 08:00 WIB - 17:00 WIB.
Jika melewati jam kerja, dapat menghubungi kami melalui email berikut:
admin@adsqoo.id

Terima kasih!