Marketing Innovation Sebagai Strategi Marketing AdsQoo di Pasar Digital Advertising Indonesia

Salma Tsabita Arundati – 23/02/2024

A. PENDAHULUAN

Pernyataan Rogers tentang definisi inovasi produk yaitu “merupakan suatu ide, gagasan, praktek atau objek ataupun benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal baru oleh individu atau kelompok untuk diadopsi”. Maka dapat disimpulkan bahwa inovasi pada pemasaran (marketing innovationa) merupakan upaya menciptakan rangkaian ide-ide baru yang nantinya dapat digunakan pada strategi untuk memasarkan produk dan untuk meningkatkan daya saing antar perusahaan di dalam iklim kompetisi yang sangat ketat.

Tujuan dari inovasi pemasaran sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan, memperluas pasar dan memperkenalkan produk atau layanan kepada calon pelanggan serta untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dan yang  tidak boleh dilupakan, perusahaan harus selalu melakukan evaluasi terhadap produk dan kinerja dalam perusahaan untuk mengetahui tentang apa saja yang harus mereka perbaiki dan apa saja yang harus dipertahankan.

Dengan kondisi industri yang terus berubah dengan cepat, adanya ketidakpastian, kompleks dan ambiguitasnya industri (VUCA : Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiquity), perusahaan juga perlu untuk mengetahui dan beradaptasi dengan mencari cara untuk menarik perhatian para pelanggan, memiliki ciri khas tersendiri dari pesaing, dan paham akan kebutuhan atau demand pelanggan. Tidak hanya melakukan atau menciptakan inovasi baru terhadap produk, inovasi juga bisa melalui cara memasarkan produknya agar sampai ke tangan pelanggan, inovasi terhadap teknologi yang digunakan dalam perusahaan dan lain sebagainya.

Setelah memahami konsep dari inovasi pemasaran, diharapkan bagi semua perusahaan dapat menaikkan tingkat daya saing dengan perusahaan lain, membangun hubungan yang lebih kuat dan berkepanjangan dengan pelanggan, dan mencoba hal-hal baru yang menarik untuk memasarkan produknya. Berkembangnya transaksi e-commerce serta mudahnya produk-produk dari negara lain menjangkau pasar Indonesia membuat iklim persaingan bisnis yang lebih ketat.

Sangat penting bagi Metra Digital Media untuk terus-menerus berinovasi agar tetap menjadi pemimpin dalam industri digital advertising di dalam industri yang sangat kompetitif di Indonesia. Melalui marketing innovation, AdsQoo dapat menciptakan nilai tambah bagi pelanggan, mengoptimalkan kinerja pemasarannya sehingga selain dapat mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan, perusahaan dapat memperluas pangsa pasar mereka.

B. JENIS-JENIS MARKETING INNOVATION PADA ADSQOO

Inovasi-inovasi yang dapat dilakukan oleh Metra Digital Media untuk memasarkan produk AdsQoo agar lebih mudah diterima oleh pelanggan yaitu :

  1. Inovasi Produk
    AdsQoo menciptakan produk yang mungkin masih jarang orang ketahui. Contohnya adalah pada SMS Advertising atau melakukan iklan melalui SMS yang langsung sampai kepada nomor seseorang. AdsQoo memberikan layanan SMS Advertising kepada pelanggan untuk membantu memasarkan atau mempromosikan produknya.
  2. Inovasi Pemasaran
    AdsQoo sudah menggunakan teknologi berbasis IT yang digunakan untuk mempromosikan produk dengan cara yang menarik, menggunakan media sosial yang sekarang banyak digunakan di seluruh dunia seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Google, TikTok dan YouTube. Selain itu, AdsQoo juga bisa mempromosikan iklan atau produk melalui media OOH (Out of Home) dan DOOH (Digital Out of Home).
  3. Inovasi Proses
    Sudah tidak perlu begitu susah untuk mencari informasi tentang produk AdsQoo dan bagaimana cara membeli produknya karena AdsQoo hadir dalam bentuk website yang mudah untuk diakses oleh pelanggan dan mudah juga untuk menghubungi customer service-nya karena langsung terhubung ke admin yang telah disediakan.
  4. Inovasi Teknologi
    Kemudahan untuk membeli produk yang website-nya bisa diakses dari mana saja dan kapan saja dan dapat dibuka dengan device apapun, membantu mempermudah pelanggan untuk memesan produk, melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang sudah dipersiapkan baik pembayaran melalui transfer atau secara online yang lebih mudah dan aman.
C. FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MARKETING INNOVATION

Terdapat beberapa faktor yang mendorong perusahaan harus melakukan inovasi baru terhadap pemasaran, diantaranya yaitu :

  1. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih.
    Pada masa sekarang, tekonologi berubah dan berkembang sangat cepat. Perusahaan dapat menggunakan teknologi untuk mendukung dan mendorong pemasarannya. Perusahaan dapat menggunakan data analytics, AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan dan teknologi lainnya untuk meningkatkan keefektifan pada saat campaign pemasaran dilakukan.
  2. Kompetisi di Pasar.
    Pastinya sekarang sudah banyak pesaing (kompetitor) baru yang juga bergerak di bidang layanan advertising. Kompetitisi yang terjadi tentu tidak hanya di dalam area periklanan saja, tetapi kompetisi juga terjadi menyeluruh di dalam strategi pemasaran baik kompetisi di area product, price, promotion dan place.
  3. Kebutuhan dan Diferensiasi.
    Perusahaan mengembangkan produk berdasarkan berbagai masukan dan berbagai permintaan pelanggan karena kebutuhan mereka. Karena pengembangan produk berasal dari permintaan pelanggan, sudah semestinya produk yang dikembangkan dan dipasarkan kepada pelanggan sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Setiap perusahan sudah seharusnya mempunyai diferensiasi produk yang berbeda dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh kompetitor.  Dengan adanya diferensiasi produk, maka perusahaan dapat memasarkan keunikan produknya yang mempunyai ciri khas tertentu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini sangat penting karena semakin banyak produk yang serupa dan hampir sama dari segala sisi yang juag ditawarkan oleh kompetitor.
D. TANTANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DALAM
PASAR DIGITAL ADVERTISING DI INDONESIA

Banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh Metra Digital Media di dalam persaingan bisnis pada pasar digital advertising di Indonesia sehingga perusahaan harus semakin aware terhadap reputasinya baik nama maupun produknya. Beberapa tantangan yang harus dihadapi diantaranya yaitu :

  1. Perubahan algoritma pada periklanan yang menggunakan media sosial.
    Perubahan algoritma bisa diperhatikan pada saat melakukan posting foto atau video dan bisa dilihat melalui data insight. Maka dari itu, produk yang kita iklankan harus diperhatikan seperti timing yang tepat pada saat mengunggah postingan, keunikannya dan eksposur merek atau brand yang mengharuskan perusahaan untuk selalu memantau dan menyesuaikan campaign-nya.
  2. Perlindungan terhadap data dan privasi.
    Data yang dimiliki perusahaan itu harus dijaga dengan sangat ketat untuk menjaga keamanannya baik secara internal mapun eksternal. Perusahaan tidak boleh memberikan data kepada pihak lain karena dapat melanggar privasi dan data juga dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan.
  3. Kesulitan Mencapai Audiens Tepat Sasaran.
    Meskipun pasar digital advertising menawarkan kemampuan untuk menyasar target audiens secara spesifik, tetapi memahami perilaku konsumen dan menjangkau mereka dengan pesan yang relevan tetap menjadi tantangan. Meningkatnya kebisingan online membuat sulit bagi perusahaan untuk menarik perhatian pelanggan potensial.
digital marketer
F. KESIMPULAN

Melalui penggunaan teknologi terdepan, personalisasi yang cermat, kreativitas yang menginspirasi, kemitraan strategis, dan pendekatan berbasis data dengan mengadopsi marketing innovation sebagai strategi inti, AdsQoo siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang terus berkembang dalam pasar digital advertising Indonesia.

Referensi :
https://feb.umsu.ac.id/inovasi-dalam-pemasaran/
https://primadoc.id/4-tantangan-transformasi-ekonomi-digital-di-indonesia/

Kirim Pesan
Butuh bantuan?
Admin Adsqoo
Halo👋
Selamat datang di Adsqoo,

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi kami melalui tombol dibawah ini 👇

Dengan jam kerja operasional dari jam 08:00 WIB - 17:00 WIB.
Jika melewati jam kerja, dapat menghubungi kami melalui email berikut:
admin@adsqoo.id

Terima kasih!