|
Apa Itu WhatsApp Bisnis? Manfaat Teratas dari Aplikasi Perpesanan Paling Populer
Apakah Anda tertarik untuk mempelajari tentang WhatsApp Business dan apa yang dapat ditawarkannya sebagai media untuk menjembatani antar pelanggan. WhatsApp memperkenalkan channel baru tetapi mungkin memakan waktu sedikit rumit, tetapi jangan khawatir. Kami telah merinci semua apa yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp Business untuk mempersiapkan Anda menghadapi channel media baru ini pada sistem omnichannel Anda.
Apa itu Bisnis WhatsApp?
WhatsApp adalah saluran media perpesanan global paling populer. Dengan 2 miliar pengguna aktif setiap hari yang mengirim 65 miliar pesan setiap hari, tidak mengherankan jika Facebook memperluas bisnis platformnya untuk dimasukan sebagai aplikasi bisnis: WhatsApp Business.
WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan OTT (over the top) yang menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan setiap pesan pribadi ke komunikasi pelanggan. Lebih dari 5 juta pengguna bisnis memanfaatkan platform perpesanan populer ini saat ini.
Aplikasi perpesanan OTT adalah alternatif pihak ketiga untuk layanan SMS yang secara tradisional disediakan oleh operator jaringan seluler. WhatsApp menyediakan pesan cepat dan murah yang diteruskan melalui jaringan internet melalui smartphone, laptop, komputer desktop, tablet, dan bahkan jam tangan pintar yang terhubung.
Ketika digunakan bersama dengan saluran seluler lainnya, WhatsApp Business menjadi elemen tak terpisahkan dari strategi pemasaran omnichannel yang sukses.
Apa perbedaan WhatsApp Business dan SMS?
Aplikasi perpesanan OTT seperti WhatsApp dengan cepat melampaui perpesanan SMS karena biaya, kecepatan, dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Meskipun WhatsApp Business dan SMS berfungsi sama, ada beberapa perbedaan utama diantaranya:
- Konsumen hanya dapat mengirim dan menerima pesan SMS antar ponsel. Namun, Anda dapat mengakses pesan WhatsApp di perangkat apa pun dengan koneksi internet, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel.
- Dengan WhatsApp Business, Anda dapat mengobrol dengan siapa saja di dunia secara virtual secara gratis, sementara operator seluler biasanya mengenakan biaya untuk pesan SMS dengan biaya tambahan untuk pesan internasional. Pesan WhatsApp melewati biaya roaming SMS atau biaya operator yang berfluktuasi karena dikirim sebagai pesan OTT, sehingga ideal untuk bisnis yang berkomunikasi dengan pelanggan di luar wilayah mereka.
- Pesan SMS dapat dikirim ke ponsel apa pun, terlepas dari operatornya, sementara pesan WhatsApp terbatas pada pemilik perangkat dengan akun WhatsApp. Pada akhirnya, mengirim pesan WhatsApp hanya berguna jika pelanggan aktif di platform atau sebagai opsi pengiriman pesan mundur (pelanggan menerima pesan ini jika SMS tidak terkirim).
Manfaat WhatsApp Bisnis
- Komunikasi Dua Arah yang Nyaman
WhatsApp Business memberi perusahaan cara untuk terlibat dalam pengiriman pesan dua arah dengan pelanggan melalui aplikasi yang kemungkinan sudah mereka gunakan untuk percakapan obrolan sehari-hari. Aplikasi ini menawarkan bisnis gerbang yang nyaman dan langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.
2. Peningkatan Layanan Pelanggan
Lewatlah sudah hari-hari layanan pelanggan dan panggilan dukungan yang membuat frustrasi, waktu tunggu yang lama, perutean yang tidak pernah berakhir ke agen, dan email dukungan yang menumpuk. WhatsApp Business memberi perusahaan lingkungan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time. Dengan memberikan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan.
3. Percakapan Terverifikasi sebuah brand
Setiap bisnis harus membuat “Profil Bisnis” di WhatsApp, identitas bisnis unik yang memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp Anda. Anda dapat menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan lainnya. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video, dan dokumen.
4. Jangkauan Global
WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di lebih dari 100 negara, dengan basis pelanggan global lebih dari 2 miliar, menjadikannya saluran yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau pemirsa yang terikat.
5. Secara Otomatis Memulai Lebih Banyak Percakapan
Setelah pengguna memilih untuk menerima pesan WhatsApp dari bisnis Anda, Anda dapat membuat pesan template yang memberi tahu pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan. Dengan memberlakukan kebijakan ketat untuk kualitas konten dan waktu respons, WhatsApp memastikan pengguna tidak menerima komunikasi yang berisi spam atau tidak relevan. WhatsApp juga mengharuskan pengguna bisnis untuk menanggapi pesan pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam menggunakan pesan non-template.
6. Keamanan Ditambahkan dengan Keikutsertaan Pesan Pelanggan
Mengelola berbagai peraturan dan undang-undang kepatuhan dapat menjadi masalah besar bagi bisnis. WhatsApp memanggang fitur keamanan seperti enkripsi ujung ke ujung dan otentikasi dua faktor untuk menjaga konsumen dan bisnis tetap aman. WhatsApp Business juga memverifikasi akun bisnis Anda saat pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda saat mereka memilih untuk menerima SMS dan komunikasi Anda.